1. PETUNJUK UMUM
2. ABSENSI ONLINE
3. MATERI PEMBELAJARAN UPS
A.
Konsep
Dasar Flywheels Pada Sistem UPS
Rotary Power Source
Sistem UPS ini masih menggunakan mesin
diesel yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listriknya. Apabila terjadi
gangguan listrik maka secara otomatis akan menyalakan mesin diesel tersebut
kira-kira 15 detik setelah terjadi gangguang listrik pertama kali. Dengan
sistem seperti ini maka penggunaan listrik hanya terganggu dalam beberapa detik
saja.
Sistem ini ternyata pada waktu itu
masih belum mempunyai kinerja yang baik sehingga dikembangkan lagi sehingga
muncul istilah ‘no-break
flywheel’. Pada sistem ini, sebuah flywheel ini dihubungkan
pada sebuah motor listrik dan dihubungkan secara mekanikal dengan generator
beban, dalam hal ini adalah mesin diesel.
Ketika terjadi gangguan listrik maka
inersia yang tersimpan pada flywheel
akan menyebabkan flywheel ini
tetap berputar dan otomatis menyalakan mesin diesel sampai suplai listriknya
kembali normal. Dengan sistem seperti ini maka tidak perlu waktu tenggang
selama 15 detik untuk menunggu suplai tenaga kembali normal karena suplai
tenaga dijaga konstan oleh roda flywheel
ini. Walaupun demikian sistem seperti ini masih ada kekurangannya
yaitu pada sistem pelumasan pada sistem bearing
roda flywheel.
Untuk mengatur agar kecepatan putar flywheel kontan pada saat
terjadinya gangguan listrik maka sebuah rangkaian yang dinamakan eddy current coupling
dipasangkan antara generator dan flywheel.
Dengan adanya rangkaian ini maka ketika kecepatan angular flywheel menurun maka nilai
kopel yang ditimbulkan oleh eddy
current coupling ini akan meningkat sehingga menyebabkan keceptan
putar menyebabkan keceptan putar flywheel
tetap konstan. Sehingga dengan kata lain dengan adanya eddy current coupling ini
menyebabkan tidak adanya pergeseran frekuensi pada saat transisi ketika terjadi
gangguan listrik.
4. VIDEO PEMBELAJARAN
Untuk memperdalam pemahaman siswa dan siswi tentang Diac dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari berikut ini Link Video nya : https://youtu.be/jZjgx4BADf8
0 comments:
Post a Comment